Mengatasi Kulit yang Terbakar Saat Bermain di Pantai

Menghabiskan waktu di pantai dengan cara berenang atau berjemur pastinya adalah dua dari sekian banyak aktivitas yang mungkin akan Anda lakukan. Namun di tengah teriknya matahari, tak menutup kemungkinan Anda akan mengalami resiko kulit terbakar. Terlebih bagi Anda yang memiliki warna kulit terang.

Terkadang sunburn juga diikuti dengan sejumlah gejala seperti kemerahan pada kulit, pembengkakan, iritasi, rasa perih, melepuh, bahkan menggigil. Pada beberapa orang, luka bakar tingkat dua juga dapat dialami disertai dengan penurunan kondisi seperti dehidrasi, infeksi, syok hingga kematian. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menanganinya seperti yang dikutip dari hellosehat.com.

Apabila pada situasi tersebut Anda berada di sekitar kolam atau laut, Anda bisa merendam sejenak bagian tubuh yang terbakar ke dalam air. Setelahnya segera berlindung ke tempat yang teduh.

Kompreskan area kulit yang terbakar menggunakan air es. Anda bisa menggunakan pelembab kulit yang mengandung lidah buaya untuk membantu redakan rasa panas dan perih. Hindari memakaikan produk sabun pada kulit yang terluka.

Dalam keadaan ini, Anda disarankan meminum air putih yang banyak untuk menyeimbangkan cairan tubuh yang hilang akibat terserap ke permukaan kulit. Untuk mengurangi rasa nyeri, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung ibuprofen, naproxen atau aspirin. Apabila luka bakar yang dialami cukup banyak, disarankan segera periksakan diri Anda ke dokter.

Luka bakar akibat sengatan matahari terbilang cukup lama untuk disembuhkan, oleh karenanya selama masa pemulihan Anda disarankan untuk terhindar paparan sinar matahari. Meski terasa gatal, hindari menggaruk area luka.

Usahakan untuk selalu menggunakan sunblock saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Luka bakar yang dialami dapat meningkatkan resiko kanker kulit bagi penderitanya. Usahakan juga agar tidak tersengat sinar UV dalam waktu yang terlalu lama. (AS)

Tag: Mengatasi Sunburn, Gejala Kulit Terbakar, Penanganan Luka Bakar, Memulihkan Kulit yang Tersengat Sinar Matahari, Bahaya Sinar Matahari

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Scroll to Top
WhatsApp chat