Keistimewaan Pulau Kenawa di Sumbawa

Meski tidak sekondang Bali atau Lombok, tetapi Sumbawa memiliki potensi wisata yang tak kalah menakjubkan. Ada banyak destinasi wisata yang keindahannya tak diragukan lagi. Bukan saja sukses membius warga lokal, melainkan juga membuat masyarakat internasional terkesima. Salah satu destinasi wisata yang sukses melakukan ‘tugas’ itu adalah Pulau Kenawa.

Untuk bisa menjangkau Pulau Kenawa, Anda perlu naik feri dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa Barat. Lalu, setelah pelayaran selama 1-2 jam itu, Anda perlu kembali menyeberang menggunakan perahu nelayan untuk benar-benar sampai lokasi. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 20 menit saja. Meski tampak melelahkan, tetapi aktivitas menuju Pulau Kenawa tak akan membuat Anda bosan. Pasalnya, ada banyak pemandangan menarik di sepanjang perjalanan.

Sesampainya di Pulau Kenawa pun, Anda akan dibuai dengan beragam keistimewaan lanskapnya. Keistimewaan Pulau Kenawa, yaitu memiliki banyak spot menarik. Di sini, Anda bisa berkemah di tepi pantai dengan irama deburan ombak yang menyenangkan. Lalu, Anda juga bisa snorkeling dan mengintip keindahan bawah lautnya yang kaya akan berbagai biota laut cantik.

Jika Anda bukan penyuka olahraga air, jangan khawatir! Pasalnya, Anda juga bisa merasakan keindahan bagian ‘permukaannya’. Sebut saja seperti menikmati keindahan sunrise atau sunset. Untuk mendapatkan pemandangan maksimal dari dua fenomena datang dan berpulangnya matahari itu, Anda bisa sedikit trekking ke bukit yang ada di Pulau Kenawa. Tenang! Medannya tidak terlampau berat, pemula bahkan sangat mungkin melakukannya. Trekking ringan itu pun hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja. (y)

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
WhatsApp chat