Air Terjun Tiu Kelep Suguhan Keelokan Surgawi di Kaki Rinjani

Kaki Gunung Rinjani menyimpan banyak keindahan alamnya yang tersembunyi. Umumnya para pendaki yang hendak melakukan trekking menuju gunung tertinggi di Lombok tersebut akan melewati Air Terjun Sendang Gile di Desa Senaru, Lombok Utara.

Air Terjun Sendang Gile sendiri memang cukup populer di kalangan para pelancong. Namun begitu, sebagian dari mereka seolah tak cukup hanya berhenti sampai di sana. Banyak diantaranya yang melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Tiu Kelep.

Tiu Kelep sendiri merupakan air terjun yang masih satu aliran dengan Sendang Gile di bawahnya. Kucuran air yang mengaliri keduanya sama-sama berasal dari Danau Segara Anak di Rinjani.

Menuju Tiu Kelep bukanlah perkara mudah, medan menuju ke sana terbilang cukup berat. Ditambah kisaran waktu tempuhnya yang bisa mencapai 45 menit dari Sendang Gile.

Perjalanan para pengunjung akan diawali dengan menaiki anak tangga yang cukup curam. Tantangan selanjutnya, Anda harus menyusuri sungai dengan berjalan kaki dilanjutkan melintasi jembatan kanal air di antara jurang. Sungguh perjalanan yang membutuhkan nyali besar serta dukungan kondisi fisik yang prima.

Begitu berhasil menaklukan tantangan perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan derasnya luncuran air setinggi 45 meter yang menghujam kolam di bawahnya. Sangat tinggi sekali jika dibandingkan Sendang Gile yang ketinggiannya hanya sampai 30 meter.

Nama Tiu Kelep sendiri memiliki arti ‘kolam terbang’. Dinamakan demikian karena pada bagian dasarnya terdapat kolam cekungan yang kira-kira hanya sepinggang orang dewasa.

Apabila Anda hendak berfoto di sekitarnya, pastikan untuk menggunakan kamera yang tahan air. Sebaiknya jangan berfoto terlalu dekat dengan air terjun, karena debit airnya yang besar menyebabkan cipratan seperti embun. Apabila baru pertama kali menuju kemari, ada baiknya untuk menyewa guide lokal agar tidak tersesat. (AS)

Tag: Sendang Gile dan Tiu Kelep, Air Terjun Terkenal di Desa Senaru, Surga Tersembunyi di Lombok Utara, Arti Tiu Kelep, Destinasi di Kaki Gunung Rinjani

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email
Scroll to Top
WhatsApp chat