• +6281287307770
  • datulomboktours@gmail.com
    • Mengenal Desa Sukarare, Sentra Tenun Khas Lombok

      Lombok menawan berkat alam dan juga budayanya. Keindahan pantai dan gilinya memang tak diragukan lagi. Dari segi budaya, sudah masyur di seantero negeri bahkan dunia jika Lombok memiliki hasil budaya menarik berupa kain tenun yang khas. Nah, jika Anda kebetulan tengah berlibur ke Lombok atau ingin mengenal pulau ini dari sisi lain, cobalah singgah ke Desa Sukarare yang merupakan sentra tenun khas Lombok.

      Desa ini secara administrative berada di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Keunikan dari desa ini penduduknya, terutama para perempuan bisa menenun semuanya. Kepiawaian menenun tersebut diperoleh secara turun temurun. Perempuan bahkan sudah diajari menenun sejak dini saat masih anak-anak. Tak mengherankan jika banyak remaja-remaja putri yang sudah lihai menenun.

      Selain sebagai bagian dari tradisi, kain tenun yang dihasilkan juga menjadi komiti perdagangan. Tak hanya wisatawan domestik yang memburu, tetapi juga pelancong asal mancanegara. Adapun keunikan dari kain tenun khas Desa Sukarare adalah motifnya yang berbentuk rumah adat, tokek, lumbung dan beberapa motif unik yang etnik banget.

      Pembuatan kain tenun pun dilakukan secara alami baik dari bahan baku maupun cara pewarnaannya. Bahan baku benang tenun adalah sutera emas, benang sutra dan benang sutera perak. Benang sutera tenun juga kerap dijadikan pilihan menenun. Sementara untuk pewarnaan menggunakan bahan alami dari pohon mahoni, batang jati, biji asam juga kulit manggis.  Selain tak merusak alam, penggunaan bahan alami ini juga membuat pengguna kain tenun itu nantinya merasa nyaman tanpa khawatir terpapar bahan kimia, terlebih yang memiliki alergi.

      Saat Anda berkunjung ke Desa Sukarare, tak hanya bisa melihat dan membeli tenun, tetapi juga bisa mengikuti kursus menenun secara singkat. Kendati kursus ini tak akan membuat Anda mahir, setidaknya ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan bukan?! (y)

      Tag: Mengenal Desa Sukarare, Sentra Tenun Khas Lombok, Tenun Lombok, Lombok, Sukarare, Desa Sukarare, Tenun Desa Sukarare

    WhatsApp chat